Tips Mengadakan Acara Kedukaan Secara Virtual

30 Jul 2022
Acara Duka

Ketahui 5 Tips Ini Sebelum Mengadakan Acara Kedukaan Secara Virtual

sumber gambar: visionable.com

Kedukaan dapat terjadi sewaktu-waktu dan ketika mengalami kehilangan, tentu kita ingin mengusahakan untuk memberi penghormatan terakhir yang terbaik. Namun terkadang ada berbagai kendala yang dihadapi bagi keluarga, kerabat maupun rekan untuk dapat hadir berkumpul di rumah duka seperti misalnya keterbatasan fisik (sakit atau disabilitas) maupun lokasi yang jauh. Adanya pandemi Covid-19 juga menambah berbagai keterbatasan untuk kita bisa berinteraksi lebih dekat dengan satu sama lain.

Kini, adanya teknologi digital telah membantu mengatasi berbagai keterbatasan tersebut. Mengadakan prosesi secara daring (online) maupun hybrid (online dan offline) telah menjadi alternatif pilihan utama. Namun, apa sih yang perlu dipersiapkan ketika mengadakan prosesi kedukaan secara daring (online)? Berikut beberapa tips yang bisa Sobat Solusi Duka lakukan:

  1. Mulai tentukan siapa yang akan datang dan bagaimana prosesi akan berlangsung

Sebelum melaksanakan prosesi acara kedukaan secara daring (online), Sobat Solusi Duka dapat lebih dulu menentukan bagaimana prosesi ini akan berjalan. Sobat dapat memulai menyusun kerangka acara dengan menentukan apakah prosesi akan dihadiri oleh kerabat, keluarga besar saja atau turut mengundang teman dan rekan di luar sanak keluarga.

Selain itu, Sobat juga perlu merencanakan apakah ketika prosesi berlangsung akan diadakan komunikasi dua arah antara keluarga duka dengan tamu yang lain, ataukah para tamu cukup sekedar menyaksikan prosesi berlangsung secara khidmat.

  1. Menentukan platform yang akan digunakan

Setelah Sobat Solusi Duka menentukan siapa saja yang akan datang dan bagaimana konsep atau jalannya prosesi kedukaan, Sobat bisa mulai menentukan platform atau aplikasi yang ingin Sobat gunakan untuk mendukung jalannya prosesi.

Jika prosesi hanya ditujukan untuk kerabat atau keluarga besar, Sobat dapat menggunakan platform seperti Zoom atau Google Meeting yang akan memudahkan Sobat dan keluarga jauh untuk berkomunikasi menggunakan fitur yang ada, seperti kamera dan mikrofon.

Namun, jika Sobat juga mengundang teman atau orang-orang terdekat di luar keluarga besar yang cukup banyak, penggunaan fitur-fitur di Zoom seperti livestream to youtube atau livestream to facebook akan dianjurkan. Melalui tambahan platform youtube dan facebook, tidak ada batasan untuk partisipan yang dapat mengikuti jalannya prosesi.

Kemudian bila hanya ingin para tamu mengikuti secara khidmat tanpa komunikasi, Sobat dapat menggunakan fitur livestream dari Instagram atau Youtube. Di sini para tamu dapat mengikuti prosesi pemakaman dan memberikan reaksi tanpa mengganggu jalannya acara melalui fitur-fitur yang ada.  

  1. Menentukan tempat dilangsungkannya prosesi kedukaan secara online  

Apakah di rumah duka saja? Atau hingga tempat peristirahatan terakhir? Atau ketika pelaksanaan Doa bagi Sang Mendiang? Hal ini perlu ditentukan agar platform dan cara dokumentasi dapat dipersiapkan secara maksimal.

Setelah menentukan tempat, ada berbagai hal yang perlu dicek dan dipersiapkan seperti misalnya ketersediaan sinyal internet, perlengkapan dokumentasi yang dibutuhkan dan letak kamera saat di lokasi prosesi.

  1. Berkomunikasi dengan pemimpin prosesi  

Satu hal penting lagi yang perlu Sobat Solusi Duka lakukan adalah mendiskusikan segala persiapan dengan pemuka agama sebagai pemimpin berlangsungnya prosesi kedukaan. Hal ini tentunya berkaitan dengan kegiatan yang akan dilangsungkan melalui ruang virtual. Apakah sang pemimpin prosesi akan mengikuti secara virtual atau secara langsung namun disiarkan secara online?

Bila secara virtual maka perlu dipastikan sang pemimpin prosesi berada di lokasi dengan koneksi internet yang stabil serta jauh dari gangguan suara-suara yang mungkin akan menganggu jalannya prosesi. Gladi bersih sebelum acara sangat dianjurkan bila sang pemuka agama akan menghadiri prosesi secara virtual.

Bila menghadiri secara offline, maka perlu dipastikan suara sang pemimpin prosesi dapat terdengar jelas di ruang virtual. Hal ini bisa dibantu dengan menyiapkan mikrofon khusus saat jalannya prosesi. Lokasi kamera pun perlu dipastikan agar tamu yang mengikuti secara virtual dapat melihat dengan jelas tanpa gangguan. 

  1. Menentukan vendor yang akan membantu prosesi kedukaan

Acara kedukaan yang dilaksanakan secara virtual tentunya berbeda dengan yang dilaksanakan secara langsung (offline). Perbedaan ini dapat membuat Sobat kesulitan dalam mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan, terlebih untuk yang pertama kali mengadakan prosesi ini. Untuk itu, disarankan Sobat bekerja sama dengan pelayanan jasa kedukaan yang sudah lebih berpengalaman dan paham mengenai persiapan dan kebutuhan prosesi kedukaan secara online.

Solusi Duka Indonesia sebagai platform layanan kedukaan berbasis digital turut menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi bagi Sobat Solusi Duka yang ingin mengadakan acara kedukaan secara virtual. Dengan fitur-fitur seperti ruang duka digital (website khusus untuk Almarhum), bunga digital dan live streaming yang dimiliki akan memudahkan keluarga duka untuk bersama rekan dan sahabat menciptakan kenangan yang tak terlupakan dalam menghantar Sang Mendiang terkasih menuju tempat peristirahatan terakhir.

oleh: Gusti Arya

referensi: https://idr.uin-antasari.ac.id/14644/